Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5



Sabtu, 10 Agustus 2019, telah dilaksanakan program budaya Jepang yaitu Origami atau seni melipat kertas Jepang oleh Mahasiswa STIBA dan STKIP INVADA Cirebon tahun 2019. Kegiatan origami ini diikuti oleh anak-anak SD, SMP, SMA dan umum. Kegiatan origami ini diajarkan langsung oleh orang Jepang. Orang Jepang tersebut bernama Sanuki Yurina dan Yamashita Anna. Mereka adalah native speaker sekaligus volunteer yang membantu kegiatan belajar-mengajar di Kampus STIBA INVADA Cirebon.
Origami memiliki peran penting sebagai media komunikasi yang menyenangkan antara guru, siswa, juga orangtua. Jika dilatih secara konsisten dan diaplikasikan dengan metode yang tepat, maka bisa meningkatkan daya konsentrasi siswa.
Apa saja manfaat origami bagi perkembangan siswa?
1.      Meningkatkan kemampuan berpikir
Hal ini ditunjukkan dalam meningkatkan keterampilan visusalisasi spasial dengan menggunakan tangan sebagai alat belajar.
2.      Belajar berkreativitas
Kini model origami sudah semakin berkembang,. Bukan hanya yang tradisional seperti perahu kertas atau pesawat, siswa tinggal memilih model apa yang disukai. Dengan begitu, gagasan baru akan muncul dan ini menandakan bahwa siswa berkreasi menghasilkan sesuatu.
3.      Mengikuti arahan
Dengan belajar origami, siswa akan mengikuti tahap demi tahap lipatan dengan seksama. Mereka berarti telah belajar untuk mengikuti petunjuk dan arahan dari guru/orangtua.
4.      Membaca gambar/diagram
Semakin sering siswa berlatih dengan diagram yang ada, akan meningkat juga kemampuan membaca diagramnya. Proses ini akan merangsang logika siswa untuk memikirkan rangkaian hingga tahapan selesai.
5.      Menemukan solusi
Saat siswa membuat origami dengan cara mengikuti alur diagram, sebenarnya siswa sedang menghadapi suatu persoalan. Jika siswa berhasil mengikutinya, maka ia dapat meneyelesaikan persoalan origaminya. Disinilah siswa belajar bagaimana mengikuti, membaca gambar, dan menyelesaikan persoalan. Tentu ini adalah latihan yang sangat baik bagi siswa untuk belajar memecahkan masalah.
6.      Berpikir matematis dan perbandingan (proporsi)
Salah satu hal yang menjadi faktor keindahan pada model origami adalah proporsi bentuknya. Dengan demikian, kegiatan origami dapat membimbing siswa untuk mengenal konsep perbandingan bentuk dan juga berpikir matematis.

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Jangan Ragu Untuk Berkomentar


Top